Kamis, 02 Februari 2012

Tips Kurangi Grogi saat Mengajar

Anda gelisah ketika harus berbicara di depan orang banyak? Atau Anda merasa takut ketika harus pertama kali tampil diatas panggung? Jika iya, itu adalah hal yang lumrah. Saya yang sudah terbiasa presentasi ketika kuliah dan sekarang sering kali mengisi sesi pelatihan, tetap saja merasa cemas terutama ketika harus menghadapi audiens yang baru. Hal ini sah-sah ketika kita harus menghadapi sesuatu hal yang baru bagi kita. Ketika kita masuk pertama kali di lingkungan baru, pasti ada beberapa pertanyaan seputar “apa yang harus dilakukan pertama kali?”. Namun hal tersebut akan menjadi biasa ketika kita sudah menjalaninya.

Rasa gelisah ini merupakan pertanda positif bagi Anda untuk berhati-hati dan melakukan dengan benar. Yang menjadi masalah adalah ketika rasa gelisah tersebut berlebihan. Ini beberapa langkah yang bisa membantu anda mengurangi rasa nervous Anda:
 
A. Persiapkan dengan matang
Persiapan ini meliputi beberapa macam;
1. Apa tujuan Anda. Definisikan tujuan Anda mengapa melakukan hal tersebut.
2. Pahami Audien Anda. Siapa yang ingin Anda ajak komunikasi?
3. Kuasai materi. Pahami dan kuasai semua hal tentang apa yang ingin Anda sampaikan.
4. Buat outline dan daftar kebutuhan. Buat skema apa saja yang ingin Anda sampaikan. Tuliskan inti-inti yang harus Anda sampaikan.
5. Siapkan bagaimana Anda memulai dan menutup. Bagaimana Anda memulai penampilan Anda sangatlah penting. Begitupula menutupnya
6. Siapkan Rencana Alternatif. Siapkan beberapa hal yang mungkin bisa terjadi.
7. Tingkatkan percaya diri Anda. Kenali potensi diri Anda.

B. Latihan
“Practice makes perfect” begitulah kata pepatah. Semakin sering Anda berlatih maka semakin lihai Anda melakukannya. Latihan akan sangat berguna membuat anda lebih siap (fisik dan mental), lebih relax dan bisa mengantisipasi apa saja masalah yang mungkin bisa timbul. Latihan yang anda lakukan juga membantu Anda mengetahui alokasi waktu yang Anda butuhkan atau bagaimana Anda harus menyesuaikan dengan waktu yang diberikan. Latihan ini bisa dilakukan beberapa tahap
1. Visualisasi. Bayangkan bagaimana Anda melakukan?
2. Melakukannya. Coba lakukan apa yang ingin lakukan.
3. Gladi bersih/Role Play. Berlatihlah seakan-akan anda tampil semestinya.

C. Sebelum beraksi
Sebelum Anda melakukannya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.
1. Malam sebelumnya. Buat situasi yang nyaman pada malam hari sebelum Anda melakukannya.
2. Hari H. Usahakan untuk sarapan pagi. Hal ini akan membantu mengisi energy Anda sepanjang hari. Makan pisang 1 atau 2 jam sebelum anda beraksi ( Pisang berisi beta-blocker alami yang akan membantu mengurangi kecemasan). Datanglah lebih awal, hal ini akan membantu anda mempersiapkan lebih matang.
3. Kuasai “panggung” Anda. Ketahui dimana anda memposisikan sebelum anda tampil. Darimana Anda harus “masuk ke panggung”.
4. Tes alat yang ada. jika anda memerlukan alat, cek kembali kondisinya. Coba fungsi-fungsi yang anda butuhkan. Seperti program computer, sound system atau LCD.
5. Temui audien. Pahami kondisi nyata audien saat itu.
6. Beberapa saat sebelum Anda tampil. Tinjau kembali apa saja yang ingin lakukan. kosentrasilah, dan siapkan apa yang akan Anda lakukan pertama kali- bagaimana anda membukanya?. Visualisasikan Anda melakukanya dengan sempurna. Lihat kembali tulisan positif yang sudah Anda tulis. Ambil nafas dalam-dalam. Biarkan Anda relax dan nyaman. Dan jangan lupa berdoa.

3 komentar:

  1. Bagus nih tips yang diberikan. Saran saya blog ini kalau bisa di urus kembali. Paling tidak di update 1 minggu sekali paling lama. Terima kasih

    BalasHapus
  2. terimakasih sangat membantu.

    BalasHapus